Saturday, June 2, 2018

Review Game engine






                Dunia game saat ini semakin maju pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan juga permintaan pasar yang meningkat , pembuatan game yang baik dan menarik tak lepas dari engine untuk membuat game itu sendiri.

                 Game engine merupakan suatu system software yang di rancang untuk menciptakan dan pengembangan game, Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja padakonsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan MacOS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (“renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukunganlokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Berikut ini adalah review game engine.

1.         Conctruct 2
http://www.pixelprospector.com/wp-content/uploads/2014/07/construct-2-logo.jpg


                Construct 2 adalah tools pembuat game berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Pembahasan ieuwelah kali ini akan membahas mengenai pengenalan dan penggunaan construct 2. Seperti pada definisi diatas, Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, jadi untuk untuk mengembangkan game dengan Construct 2 pengguna tidak perlu mengerti bahasa pemrograman yang relatif lebih rumit dan sulit.
Karena kemudahannya yang hampir sama dengan game maker. Maka Construct 2 juga banyak dipakai orang dan direkomendasikan oleh orang yang pernah memakainya Software           yang satu ini juga sama – sama menyediakan kemudahan dalam membuat game meskipun    kita tidak berbekal pemrograman karena terdapat tool yang menyediakan kemudahan           dalam mensetting game yang akan kita buat dengan list-list aturan yang tersedia sesuai   dengan kebutuhan kita.

­­­Fitur Construct 2
https://static1.scirra.net/images/fresh/c2/gallery/fullsize/jpg/behaviors-panels-01.jpg

Quick and Easy
                Dengan menggunakan Construct 2 membuat game menjadi lebih mudah. Construct 2 memiliki antarmuka Ribbon yang cepat dan mudah dipahami. Layout editor menyediakan antarmuka what-you-see-is-what-you-get untuk mempercepat perancangan game. Sehingga apapun yang di lihat dalam desain layout adalah tampilan yang didapatkan ketika game dijalankan.
Powerfull Event System
Construct 2 dapat membuat game dengan cara yang mudah dibaca secara visual karena tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang rumit dan samar. Construct 2 menyediakan EventSheet yang berisi pernyataan kondisi atau pemicu. Jika kondisi tersebut terpenuhi, tindakan atau fungsi dapat dilakukan.
Flexible Behaviors
                Behaviors menyediakan cara instan untuk menambahkan kemampuan objek, mempercepat pembangunan dan meningkatkan produktivitas. Misalnya menambahkan Behavior platform pada objek sprite yang memungkinkan objek tersebut dapat belari dan melompat. Pengguna dapat mengatur pengaturan untuk kecepatan, akselerasi, kekuatan melompat, gravitas, dan banyak lagi, sampai kemampuan objek tersebut sesuai seperti yang dibutuhkan.
Instant Preview
                Tidak perlu menunggu waktu yang memakan waktu untuk mengkompilasi. Permainan akan di preview dan berjalan di jendela Browser ketika diuji. Fitur lainnya yang membuat pengujian lebih mudah adalah Preview Over Wifi. Hal ini memungkinkan setiap ponsel, tablet, laptop, atau PC lain yang terhubung pada LAN/Wifi juga dapat langsung melihat preview game.
Stunning Visual Effects
                Ada lebih dari 70 efek berbasis WebGL untuk warp, distort, blend, blur, mask, re-color dan lainnya. Pengguna dapat menambahkan ini pada objek, layer dan layout untuk efek khusus yang cepat dan menciptakan hasil yang luar biasa. Game yang dibuat dengan Construct 2 diharapkan dapat membuat pemain mendapatkan pengalaman terbaik dari permainan yang dibuat.
Multiplatform Export
                Construct 2 dapat mempublikasikan game dengan pilihan platform yang luas hanya dengan satu project. Game Construct 2 dapat diterbitkan pada platform berbasis web seperti Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, Newgrounds, Firefox Marketplace. Selain itu memungkinkan pula untuk melakukan ekspor game ke desktop PC, Mac, dan Linux dengan menggunakan Node-Webkit. Selain mempublikasikan ke Windows 8 Store atau sebagai aplikasi Windows Phone 8. Pengguna dapat pula mengekspor game ke iOS dan Android dengan menggunakan CocoonJS, appMobi dan PhoneGap. Dengan dukungan platform yang luas pengguna dapat memiliki akses yang luas untuk pemain.
Easy Extensibility
                Construct 2 hadir dengan lebih dari 20 built-in plugin, lebih dari 20 behaviors dan lebih dari 70 visual effects. Mulai dari menampilkan text dan sprites, sound dan music, input, manipulasi data dan penyimpanan, efek partikel, efek pergerakan, dan masih banyak lagi. Jika pengguna perlu beberapa fungsi tertentu, Construct 2 memberi akses pengguna untuk membuat plugin atau behaviors sendiri menggunakan Javascript SDK. Pengguna juga dapat membuat efek visual sendiri dengan menggunakan bahasa GLSL shader. Komunitas Construct 2 menghasilkan lebih dari 150 plugin dan behaviors. Plugin ini juga dapat ditambahkan untuk permainan yang dibuat.

Kelebihan :
Layaknya Game maker, software ini memang mempermudah para pengguna yang ingin membuat game meskipun tidak menguasai pemrograman
Tersedia versi free dan licensed sehingga kita dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan
Apabila ingin mengatur game yang kita inginkan lebih sesuai harapan, constract 2 menyediakan script code place

Kekurangan:
Platform yang digunakan adalah HTML5 yang dapat melakukan cross platform, Tetapi nyatanya dalam construct 2 sering terjadi bug yakni game hasil dari construct 2 tidak dapat dimainkan disemua platform berbeda sekali dengan teori yan ada.
Mengingat banyaknya list setting (object dan event) maka diperlukan tutorial-tutorial yang mempermudah untuk menggunakannya mengingat banyak sekali istilah-istilah di pengaturan object dan event.
Adanya beberapa fitur untuk peletakan secara visual dan merubah semua unsur yang ada di tampilan layar seperti quick aligning

Contoh game :
https://holyokecodes.org/wp-content/uploads/2015/07/Screen-Shot-2015-07-29-at-1.52.47-PM-1024x673.png




2.       Unreal Engine

 https://www.iamag.co/wp-content/uploads/2014/03/unreal-engine-4-real-time.jpg

                Unreal Engine merupakan game engine yang dikembangkan oleh Epic Games, dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 dengan game bergenre first-person shooter. Walaupun utamanya dikembangkan untuk game first-person shooters, tapi Unreal Engine juga bagus digunakan untuk membuat game bergenre yang lain. Unreal Engine menggunakan bahasa pemrograman C++, dan Unreal Engine merupakan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game pada saat ini.
Unreal Engine dikembangkan oleh Epic Games, yang mempunyai fitur tingkat tinggi dan sering digunakan bagi para developer game saat ini, UE3 pernah dirilis dan dirancang untuk Microsoft DirectX 9 (untuk Windows dan Xbox 360), DirectX 9 untuk Windows Vista, DirectX 11 untuk windows 7 dan OpenGL untuk OS X, Linux, PS3, Wii U, iOS, Android dan HTML 5 / Java Script tahap 3D untuk adobe flash player 11.
Versi dan Fitur
Unreal Engine 1 dimulai debutnya pada tahun 1998, mempunyai teknik render terpadu, kecerdasan buatan, visibilitas jaringan, dan manajemen system file kedalam engine yang lengkap. UI1 memberikan jalur render hardware – accelerated menggunakan Glide API, dan diperbarui untuk OpenGL dan Direct 3D.
Unreal Engine 2 dimulai pada debut tahun 2002, game engine tersebut diperbarui dengan meningkatkan asset serta menambahkan dukungan untuk Game Cube dan Xbox, dan ingin bisa juga dipakai untuk console Wii, X360, PS3,PSP dan 3DS. Pada UE2.5 merupakan perbaharuan dari UE2, mempunyai tingkatan rendering, dan motor physics dan dipakai untuk Unreal Championship pada platform Xbox asli. Pada tanggal 24 maret 2011, Ubisoft Montreal mengungkapkan bahwa UE2 berhasil berjalan pada Nintendo 3DS.
Unreal Engine 3 dirancang untuk DirectX versi 9-11 untuk Windows dan Xbox 360 yang dilengkapi dengan system OpenGL termasuk PS3, OS X, iOS, Android, tahap 3D untuk Adobe Flash Player 11, javasript / WebGL, PSVita dan Wii. Proses render didukung banyak teknik tinggi seperti HDDR, per-pixel lighting dan dynamic shadows
http://i2.wp.com/www.cgmeetup.net/home/wp-content/uploads/2016/09/Physical-Animation-Component-Feature-in-Unreal-Engine-4-2.jpg

Unreal Engine 4 mempunyai fitur utama yaitu ilminasi global real-time menggunakan voxel kerucut tracing, menghilangkan kebutuhan untuk perhitungan tiap penerangan. UE4 juga dilengkapi fitur pengembang baru untuk mengurangi waktu iterasi dan memungkinkan memperbarui langsung C++ kode. Fitur baru debugger untuk “kismet” (mesin scripting visual pada UE3) memungkinkan developer dapat memvisualisasikan kode saat pengujian. Developer juga dapat melihat sourcecode dan mengeditnya dalam Visual Studio.

Kelebihan :
Menggunkan Blueprint, sebuah visual script editor. Yaitu sebuah fitur yang dikembangkan oleh Unreal engine untuk membuat game tanpa harus menuliskan kode pemrograman apapun.
Unreal Engine 4 memperlihatkan secara penuh UI (user interface) yang mudah untuk dimengerti jadi tidak akan lama untuk menguasainya.
Unreal Engine dapat memberikan grafik yang sangat sangat bagus
Unreal Engine 4 sudah dapat digunakan secara gratiss.

Kekurangan :
Engine game ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Processor yang digunakan minimal adalah Quad Core Intel atau AMD dengan kecepatan 2.5 GHz, kartu grafis NVIDIA GeForce 470 GTX atau AMD Radeon 6870 HD, dan 8GB RAM. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7 64-bit atau Mac OS X 10.9.2.

Contoh Game :
https://www.engadget.com/2017/09/22/pubg-studio-isnt-happy-about-fornite-battle-royale/


3.      Unity


https://bestwinsoft.com/images/Unity_3D_1.jpg

            Unity merupakan software yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform (berbasis desktop, konsol, mobile atau web) yang di desain untuk mudah digunakan. Unity juga merupakan Game Engine untuk game yang dibuat dengan menggunakan Unity. Unity penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS X dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
            Unity 3D tersedia dalam dua versi, yaitu yang versi gratis alias free dan ada juga yang berlisensi. Tentu saja ada fitur-fitur atau tool - tool yang di tonjolkan apabila kita memiliki unity 3D yang versi berlisensi. Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung  console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.

https://bestwinsoft.com/images/Unity_3D_1.jpg


Bahasa pemrograman yang dapat diterima UNITY adalah JAVA SCRIPT, CS SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT. Unity Menggunakan Sistem navigasi bebas dalam merangkai sebuah game. Hal ini tentunya memudahkan developer untuk melihat sisi-sisi ruang 3 Dimensi dalam game guna melihat celah-celah yang masih ada. Sistem navigasi di Unity mirip pada Editor 3D Modelling yang ada pada Blender 3d.

Adapun kelebihan dan kekurangan Unity 3d adalah sebagai berikut:

Kekurangan :
Memori yang digunakan banyak
Butuh penyesuaian yang agak kompleks pada saat mau develop game 2d tanpa bantuan plugin
Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based
Kelebihan :
Gratis
Multiplatform
Mempercepat desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG

Coontoh Game :
https://stmed.net/wallpaper-211305


Sumber :
https://www.scribd.com/document/356599687/Pengertian-Game-Engine
https://mxac.wordpress.com/2017/04/12/analisis-serta-perbandingan-game-engine/
https://ivancupz.wordpress.com/2015/11/14/game-engine-unreal-engine-vs-unity/




0 comments:

Post a Comment