Sunday, April 7, 2019

Perbandingan Android, Symbian dan IOS


        Kali ini saya akan membandingkan dan memilih yang terbaik dari 3 jenis Sistem operasi yaitu Android, Simbian dan IOS sebelumnya simak terlebih dahalu ulasan dari ketiga OSnya.


Android


            Android adalah sistem operasi berbasis Linux dengan logo monster hijau yang di buat untuk di jalankan pada smartphone atau komputer tablet, android di kembangkan oleh Android Inc. dan di danai oleh Google tetapi pada tahun 2005 Android secara resmi di beli oleh Google dan di luncurkan pada tahun 2007. Android sendiri di operasikan dengan menggunakan sentuhan seperti ketuk, geser dan lain sebagainya yang biasa kita jumpai pada smartphone.
Kelebihan
1.      Bisa di kustomisasi
Android bisa di kustomisasi merupakan suatu kelebihan yang di turunkan oleh Linux yang open source, kustomisasi meliputi tampilan, ROM sampai Overclock
2.      Berjalan di berbagai spesifikasi smartphone
Android mempunyai kelebihan yaitu fleksibel bisa berjalan di berbagai macam spesifikasi hardware smartphone dari low end hingga high end, dengan kelebihan ini memungkinkan android dapat di temukan di berbagai macam smartphone dengan harga yang murah.
3.      Mudah di pahami user
Dengan kelebihan satu ini Sistem operasi android bisa dengan mudah di gunakan oleh semua kalangan dan juga dapat membantu user dalam menangani kerusakan pada perangkat.
Kekurangan
1.      Proses kerja yang berat
Kekurangan dari Android ini mengharuskan smartphone memiliki memory RAM dan ROM yang kapasitasnya sesuai dengan versi android yang di gunakan.
2.      Kuran responsive
Dengan adanya kelebihan dapat berjalan di berbagai spesifikasi smartphone membuat OS ini kadang menjadi tidak responsive karena smartphone yang di gunakan mempunyai kapasitas RAM dan ROM yang tidak sesuai atau terlalu kecil.
3.      Tidak Stabil
Android bisa di kustomisasi merupakan suatu kelebihan yang bagus tetapi ada kekurangannya yaitu tidak stabil akibat dari kustomisasi yang berujung pada performa yang menurun dan terjadinya panas berlebih.

SYMBIAN


                        Symbian adalah OS yang di ciptakan dan di jalankan pada ponsel nokia, Symbian sendiri di kembangkan oleh Symbian Ltd yang di awasi Nokia dan merupakan keturuan dari EPOC , pada tahu 1980 berdiri perusahaan pengembang software bernama prison dan memberi nama produk mereka EPOC yang di fokus pada telephone bergerak dan pada 1998 memulai kerja sama dengan beberapa perusahaan hand phone seperti Nokia, Motorola dan Sony Eriksson dengan prison yang menggunakan produk mereka yaitu EPOC, kemudian pada 2004 prison menghasilkan EPOC release 5 yang kemudian dikenal dengan Symbian OS v5.

Kelebihan
1.      Pada masa jaya nya OS ini di pakai oleh sebagian besar telepon genggam karena mendukung berbagai fitur multimedia yang berguna bagi user.
2.      Banyak aplikasi yang bisa di unduh seperti aplikasi, game yang berjalan di OS ini
Kekurangan
1.      Tidak bisa mengikuti zaman dan kalah dengan pesaing seperti Android dan IOS
2.      OS ini rentan terkena virus

IOS


            Ios adalah sistem operasi perangkat bergerak yang di kembangkan oleh Apple inc, IOS sebelumnya bernama IPhone OS, sistem operasi ini pertama kali di luncurkan pada 2007 untuk iPhone dan iPod touch, IOS sendiri merupakan turunan dari OSX yang mempunyai fondasi Darwin yang merupakan sistem operasi UNIX sistem operasi ini tampilannya di kontrol dengan sentuhan seperti geser, sentuh, jepit tutup dan jepit buka. Pada IOS ada 4 lapisan yaitu Core OS, Core Service, Media dan Coco Touch.
Kelebihan
1.      Proses Backup dan Restore cepat
Kelebihan ini sangat berguna apabila anda sering berganti perangkat dari apple dengan menggunakan I cloud, menjadikan proses restore hanya dengan hitungan menit
2.      Membuka API
Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untuk user maka apple mengizinkan user untuk membuka CORE API.
3.      Koneksi IOS dan MacOS
Dengan kelebihan ini memungkinkan user untuk menerima panggilan dari perangkat Mac nya tetapi perangkat Mac harus tersambung dengan wi-fi.
Kekurangan
1.      Harga yang terbilang mahal
Karena IOS hanya dapat di jalankan pada perangkat apple saja membuat perangkat menjadi terbatas.
2.      Tidak bisa menambah Micro SD
Suatu kekurangan yang sangat besar pengaruhnya yaitu tidak bisa menambah Micro SD karena penyimpanan menjadi terbatas, tetapi Apple menyiasati nya dengan meluncurkan smartphone dengan varian memori internal dari 8, 16,32.
3.      Baterai
Batari pada IPhone cenderung lemah tidak seperti OS pesaingnya android.

OS mana yang terbaik ?
            OS yang terbaik versi saya adalah Android karena dibandingkan dengan dua pesaingnya Android memilki kelebihan yang tidak di punyai pesaingnya, seperti inovasi yang terus berkembangan tidak seperti Symbian dan juga dapat di temui di berbagai perangkat dari berbagai merk smartphone spesifikasi tingkat rendah sampai tinggi.


Sumber


0 comments:

Post a Comment