Wednesday, April 3, 2019

Anaconda


Apa itu Anaconda ?
            Anaconda merupakan program opensourcen dengan bahasa pemrograman python dan R untuk komputasi ilmiah seperti data science, machine learning, application large scale data processing, predictive analytics dan sebagainya, yang bertujua untuk menyederhanakan manajemen paket dan penyebaran. Versi paket dikelola oleh sistem manajemen conda,  paket Distribusi Anaconda digunakan oleh lebih dari 12 juta pengguna dan mencakup lebih dari 1400 paket sains data populer yang cocok untuk Windows, Linux, dan MacOS.
               Anaconda Navigator adalah antarmuka pengguna grafis desktop (GUI) yang termasuk dalam distribusi Anaconda yang memungkinkan pengguna untuk meluncurkan aplikasi dan mengelola paket conda, lingkungan dan saluran tanpa menggunakan perintah baris perintah. Navigator dapat mencari paket di Anaconda Cloud atau di Anaconda Repository lokal, menginstalnya di lingkungan, menjalankan paket dan memperbaruinya. Ini tersedia untuk Windows, macOS dan Linux.
               Conda adalah open source, cross-platform, manajer paket bahasa-agnostik dan sistem manajemen lingkungan yang menginstal, menjalankan, dan memperbarui paket dan dependensinya. Ini dibuat untuk program Python, tetapi dapat mengemas dan mendistribusikan perangkat lunak untuk bahasa apa pun, termasuk multi-bahasa. proyek bahasa. Paket Conda dan manajer lingkungan disertakan di semua versi Anaconda, Miniconda, dan Anaconda Repository.
               Anaconda Cloud adalah layanan manajemen paket oleh Anaconda di mana Anda dapat menemukan, mengakses, menyimpan, dan berbagi buku catatan publik dan pribadi, lingkungan, dan paket conda dan PyPI. Cloud host paket Python berguna, notebook dan lingkungan untuk berbagai aplikasi. Anda tidak perlu masuk atau memiliki akun Cloud, untuk mencari paket publik, unduh dan instal.

Kegunaan Anaconda
            Anconda memiliki beberapa kegunaan seperti peningkatan kolaborasi antar departemen, kemampuan dalam memproduksi data, skalabilitas superior dan berbagai fitur lapisan keamanan. Fitur utama dari anaconda sendiri adalah memungkinkan organisasi untuk mengelola dan menafsirkan data besar dengan lebih baik, faktor kunci untuk sukses dalam lingkungan bisnis modern. Ini mempekerjakan sejumlah sumber data untuk menjamin redundansi. Ini termasuk (tetapi tidak terbatas pada) penyimpanan berbasis cloud, SQL, NoSQL, dan File Datar.

Instalasi Anaconda

1.    1.  Pastikan telah mendownload Anaconda di situs resmi pilih 64 / 32 bit sesuai spesifikasi laptop atau PC yang di gunakan, klik dua kali pada anaconda yang telah di download tunggu sampai proses verifying instaler menacapai 100%

2. Selanjutnya akan tampil setup anaconda, disini klik next saja untuk melanjutkan proses instalasi anaconda
3.  Tahap selanjutnya masuk di bagian License Agreement ber isikan lisensi persetujuan dan apa bila menyetujui langsung klik I Agree.
1.    4. Selanjutnya akan tampil tipe penginstalan, pilih Just me karna sudah di rekomendasikan oleh sistem dan juga di gunakan untuk personal.


5.  Berikutnya pilih folder destinasi untuk menyimpal file instalasi, biasanya sudah di buat otomatis dan langung klik Next.












6. Pada bagian Advance installation option centang untuk default python karena akan memudahkan program lain untuk mendetct anaconda sebagai primari phyton.












7. Tunggu proses instalasi sampai selesai dan klik Next.











8.  Pada bagian ini lagsung tekan Skip, dan anaconda siap digunakan.












9.  Tampilan Ancaconda navigator.










Sumber : 
s

0 comments:

Post a Comment