Wednesday, November 21, 2018

Analisis Web Freelancing


Analisis Web Freelancing

Kelompok 
Dandi Agung R
Farhan Ismail
Jupriansyah
Wahyu Fajar R

Pengerian Fiverr
Fiverr adalah sebuah website yang didirikan pada akhir tahun 2009 sebagai perantara bagi orang-orang yang ingin menghasilkan uang/dolar melalui internet dengan menjual Jasa, service atau keahlian dan juga sebaliknya sebagai perantara bagi orang-orang yang membutuhkan jasa atau keahlian (Out Source). Namun biasa juga di sebut micro job karena dengan hanya $5 tentunya jenis jasa atau servis yang disediakan umumnya hanya yg remeh-temeh.
Namun walaupun Fiverr belum genap berumur 2 tahun pada saat artikel ini ditulis namun kredibilitas mereka tidak perlu diragukan lagi. Dalam waktu yang cukup singkat www.fiverr.com sudah sangat ramai dan memiliki google page rank 5 dan termasuk dalam jajaran 500 besar website terfavorit dan paling banyak dikunjungi di dunia (alexa rank- 419).
Sejarah Fiverr
Fiverr didirikan oleh Shai Wininger dan Micha Kaufman pada 1 Februari 2010. Wininger datang dengan konsep pasar yang akan menyediakan platform dua sisi bagi orang untuk membeli dan menjual berbagai layanan digital yang biasanya ditawarkan oleh kontraktor freelance. Layanan yang ditawarkan di situs ini termasuk menulis, menerjemahkan, desain grafis, mengedit video dan pemrograman. Layanan Fiverr mulai dari US $ 5, dan bisa naik hingga ribuan dolar dengan Gig Ekstra. Setiap layanan yang ditawarkan disebut "manggung".
Situs web ini diluncurkan pada awal 2010 dan pada tahun 2012 menjadi tuan rumah lebih dari 1,3 juta Gigs. Volume transaksi situs web telah tumbuh 600% sejak 2011. Selain itu, Fiverr.com telah menempati peringkat di antara 100 situs terpopuler di Amerika Serikat dan 200 teratas di dunia sejak awal 2013.
Pada tanggal 1 Juni 2010, Fiverr menerima investasi benih sebesar US $ 1 juta dari Guy Gamzu dan investor malaikat lainnya, dan pada bulan Mei 2012, Fiverr memperoleh dana sebesar US $ 15 juta dari Accel Partners dan Bessemer Venture Partners, sehingga total pendanaan perusahaan untuk AS $ 20 juta.
Pada Desember 2013, Fiverr merilis aplikasi iOS mereka di Apple App Store, dan pada Maret 2014, Fiverr merilis aplikasi Android mereka di Google Play store.
Selama Agustus 2014, Fiverr mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan US $ 30 juta dalam putaran pendanaan Seri C dari Bessemer Venture Partners, Accel (sebelumnya dikenal sebagai Accel Partners) dan investor lainnya. Putaran ini membawa total pendanaan mereka hingga saat ini menjadi US $ 50 juta.
Pada Oktober 2015, Amazon.com memulai tindakan hukum terhadap 1.114 penjual Fiverr yang diklaim memberikan ulasan palsu di situs web versi AS. Fiverr tidak membantah tuduhan Amazon dan menyatakan: "Seperti yang dicatat Amazon, kami telah bekerja sama untuk menghapus layanan yang melanggar ketentuan penggunaan kami, dan segera menanggapi setiap laporan konten yang tidak pantas."
Pada bulan November 2015, Fiverr mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan US $ 60 juta dalam putaran pendanaan Seri D, yang dipimpin oleh Square Peg Capital. Putaran ini membawa total pendanaan mereka hingga saat ini menjadi $ 110 juta. [13] Pada saat yang sama, perusahaan mengumumkan bahwa itu memperluas pasar untuk memungkinkan penjual kemampuan untuk harga layanan yang dihasilkan, yang dikenal sebagai Gigs, dengan harga di atas harga asli $ 5 AS.
Analisis Web


            Menurut Situs similarweb sebagai situs web analisis, web freelance fiverr mendudukin peringkat dunian di angka 1,089 dan di negara asalnya ada di peringkat 949 dan peringkat 208 untuk kategori internet dan telekomunikasi. Sebagai salah satu situs freelancing yang cukup terkenal fiver mempunyai total 36.29 M pengunjung dalam 6 bulan terakhir, dan daya Tarik paling besar bagi pengunjung adalah kategori computer dan elektronik software, Internet dan telekomunikasi, Bisnis dan industry, seni dan entertaimen.
Cara kerja
            Dalam web freelancing fiverr biasanya ada dua metode dalam bertransaksi yaitu buyer menyediakan projek dan seller mengajukan offer dan buyer mencari seller dengan reputasi dan pengalaman yang baik, dibawah ini merupakan alur dari cara bertransaksi pada web fiverr.




Sebelum memulai menjadi seller ada beberapa tahapan yang harus dilakukan
1.      Membuat akun fiverr sebagai langkah awal memulai menjadi seller
2.      Siapkan Gig atau portofolio yang menarik dan sesuai dengan jasa kita, pembiatan portofolio merupakan syarat wajib menjadi seller agar bisa menarik buyer.
3.      Pilih kategori jasa yang akan di tawarkan dengan sesuai
4.      Tulis deskripsi kita sebagi seller dengan menarik agar calon buyer tertarik untuk bekerjasama
5.      Masukan portofolio pada gig gallery
6.      Untuk pembayaran siapakan paypal, fiverr revenue dan bank transfer bisa di pilih salah satunya

Kelebihan dan kekurangan Fiverr
Kelebihan
1.      Proses menjadi seller mudah
2.      Tidak melakukan wawancara saat akan menjadi seller
3.      Kesempatan mendapat buyer cukup tinggi karena harga jasa yang murah
4.      tersedia aplikasi smartphone untuk melihat update dan membalas chat buyer/ seller
5.      Situs yang sudah terpercaya
6.      Sistem dalam web mudah dimengerti

Kekurangan
1.      Pemotongan fee sebesar 20% sehingga semakin banyak mendapat fee dari buyer maka semakin banyak pula potongan yang diterima
2.      Pengambilan uang hanya bisa dilakukan setelah 14 hari setelah order dinyatak sudah selesai
3.      Hanya bisa menarik uang 1x sehari
4.      Apabila mendapat ulasan yang kurang baik dapat berpengaruh terhadap jumlah order yang didapat
5.      Nilai nominal cukup rendah yaitu $5 sebagai tarif terendah
6.      Proses penarikan uang dari saldo fiverr yang cukup lama

Sumber :
https://www.similarweb.com/website/fiverr.com#overview


0 comments:

Post a Comment